Selasa, 23 April 2013

Hari Buku Dunia 2013

Posted by Kayla Regina Putri 08.08, under , | No comments

Buku bukan hanya menjadi bahan bacaan di waktu senggang. Namun, udah menjadi tali pengikat manusia dengan kebudayaan. Buku pun tidak lekang dimakan waktu karena wujudnya terus mengikuti perubahan zaman. Mulai dari berbentuk gulungan, naskah kuno, kertas cetak, hingga akhirnya masuk sebagai aplikasi komputer tablet. Buku menjadi alat berharga untuk berbagi pengetahuan dan keterbukaan pada dunia.






Hari buku sedunia yang jatuh pada hari ini 23 April merupakan sebuah peringatan yang jarang sekali diketahui. Perayaan ini diorganisir pertama kali oleh Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) di tahun 1995. 

Pepatah mengatakan bahwa buku merupakan jendela dunia. Dengan buku kita bisa mengetahui berbagai hal, ya walaupun sekarang nampaknya sudah mulai dikalahkan oleh internet tapi bagi saya buku tetap harus menjadi prioritas. 

Peringatan hari buku memang tak semeriah Hari Kartini tgl 21 April kemaren, tapi percaya atau tidak, semua peringatan hari-hari ini bisa diingat karena adanya buku. Para tokoh zaman dahulu yang menuliskannya di selembaran kertas-kertas dan kemudian membukukannya. Kumpulan surat-surat Ra. Kartini pun akhirnya menjadi sebuah buku. 


Buku itugudang ilmu. Yang lebih tepat, menurut saya, buku adalah ladang ilmu. Ladang tempat menyemaikan benih. Benih yang unggul akan bagus hasilnya. Benih buruk, buruklah buahnya. Tak heran ada buku yang menjadi ladang maksiat, mengubah pikiran orang menjadi marxis dan melekatkan ateisme di selaput kelabu otaknya. Bersamaan dengan itu, ada buku yang menjadi ladang kebaikan, menggiring orang pada kebenaran dan hiburan bagi kalbu.


0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive