Sabtu, 01 November 2014

Ganti STNK dan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor 5 tahun di Samsat Karawang Jawa Barat

Posted by Kayla Regina Putri 00.48, under | 4 comments

Tepat tgl 29 Oktober kemaren motor Vario Tecno saya ulang tahun yang ke-5, dan kewajiban buat warga negara yang baik adalah setiap 5 tahun harus bayar pajak, ganti STNK dan ganti plat nomor baru.

Siapa sangka prosedur bayar pajak di Samsat Karawang Jawa Barat kemaren cuma sebentar, 20 menitan beres.



Sekedar berbagi pengalaman saya saja kemaren, surat2 yang harus kamu siapkan adalah :
- STNK asli
- Fotokopi BPKB 2 lembar (siapkan juga BPKB asli, jaga2 kalau ditanyain)
- Fotokopi KTP asli 2 lembar

Pertama2 saya saranin datang untuk bayar pajaknya jangan di hari Senin dan jangan pagi hari tetapi pilih siang hari sekitar jam 10an - 11an lah....kenapa? Soalnya disekitar jam segituan orang sudah mulai males kemana2 dan pastinya antrian juga sudah berkurang. 




Datanglah ke Samsat Karawang, trus parkir motor kamu usahakan di dalam Samsat, minta formulir di loket paling ujung gedung  Samsat (loketnya nyempil gak kelihatan dari parkir, seukuran pos kampling, kalau gak tahu tanya tukang parkir) nanti bilang sama petugasnya kalau ingin ganti STNK.

Nanti kamu dikasih formulir yang kamu harus isi datanya kendaraan nama pemilik,merk, jenis motor dll + kertas gosok rangka.
PERHATIAN...jangan gosok rangkamu sendiri, minta suruh gosok rangka motormu sama petugas tukang gosok rangka (biasanya baju hitam yang ada tulisan di bajunya "CEK FISIK"), kasih saja uang 5000 sebagai imbalan.

Setelah digosok rangka dan isi formulir kembalikan lagi formulir ke tempat kamu ambil tadi untuk di verifikasikan Kepala Polisi bagian cek fisik. Setelah diverifikasi bawa formulir kamu tsb + STNK + 2 lembar fotokopi BPKB + fotokopi KTP ke bagian pendaftaran di gedung B (dekat pintu masuk samsat) berikan ke petugas pendaftaran, nanti nama pemilik kendaraan akan di panggil menggunakan micropon.

Kebetulan banget siang ini yang ngantri cuma 4 orang, jadi gak lama ngantri, 10 menit nunggu, nama saya akhirnya di panggil, siapkan beberapa lembaran uang 100rb untuk membayar pajak, setelah bayar jangan langsung pulang dulu, karena harus nunggu sebentar STNK di print, setelah nama kamu dipanggil untuk pengambilan STNK, tinggal plat nomer.

Sekedar saran yang saya dapat dari orang2 yang sudah ganti plat nomer....untuk urusan plat nomor kemaren saya gak mau ngantri lama, soalnya yang ngantri ambil plat nomer banyak banget kalau ambil plat nomer ngantri lama bayar 10rb, kalau dititipin tukang parkir (diambilnya besok pagi sudah jadi) bayarnya 20rb........makanya saya minta bantuaan tukang parkir aja, disamping platnya tidak diburu-buru,cat plat nomer keringnya maximal.

itu saja Ekarockcity ingin bagikan prosedur ganti STNK, gampang kok, gak ribet..ngapain juga gak dibayar pajak 5 tahunan, sayang nanti kalau ada razia polisi sewaktu-waktu (hati2 razia Polisi biasanya di simpang Jomin, pertigaan Dawuan, jalan sepanjang Purwasari, sama bunderan depan Mega Mall Karawang) ....ya mending duitnya buat bayar pajak daripada kena tilang polisi

4 komentar:

Kang..maaf..numpang tanya..kalo yang bayar pajak bukan pemilik asli gimana..soalnya kendaraan saya beli dari temen krja..mngenai kondisi fisik apa ada kendala bila kondisinya gak 100 % ok..semisal kaya' klakson mati,elektrik starter gak hidup..itu bsa jadi msalah gak kang..maksh kang sblumnya..

gak amasalah, yang penting ada KTP aslinya aja, kalo cek fisik cuma gosok nomer rangka motor saja kok, cuma formalitas saja kalo saya liat

kang punten klo BPKB ny da d'lishing gmn....?

gak papa kang Dede, kan cuma butuh foto kopinya saja kok, kalo ditanya aslinya bilang aja di gadaikan lagi di lishing, yang digantikan cuma STNK...kalo baliknama, baru butuh yang asli

Posting Komentar

Tags

Blog Archive