Minggu, 19 Januari 2014

Banjir....Oh Banjir

Posted by ekayulianta 11.10, under , | No comments

Perkiraan BMG bulan Januari 2014 ini hujan akan turun setiap hari. Melihat berita di televisi Jakarta yang katanya Jakarta Kota Metropolitan sekarang Jakarta Kota banjir. Bersyukur buat kalian yang rumahnya tidak kebanjiran, tetapi pedulilah kalian buat mereka yang sedang dapat musibah banjir.

Salahkah hujan yang terus-terusan turun ke bumi yang menyebabkan banjir, Hujan turun itu berkah, hujan turun terus-terusan malah jadi musibah. Penyebab sebenarnya salah kita sendiri, keserakahan manusia.
Banjir sekarang tidak hanya di kota-kota besar saja, di daerah-daerah yang dulunya tidak banjir sekarang menjadi banjir.

Galau rasanya kalau sudah banjir, mo kemana-mana susah, lewat sana banjir, lewat sini banjir. Buat yang siap-siap kebanjiran dan sudah kebanjiran Ekarockcity ingin berbagi tips menghadapi banjir

Tips menghadapi banjir jika di daerah kamu sudah kebanjiran.
1. Matikan peralatan listrik/sumber listrik
Sebelum listrik dimatikan PLN setidaknya kita atikan sendiri listrik kita sebelum jatuh korban karna kesetrum.


2. Amankan barang-barang berharga dan dokumen penting ke tempat yang aman
Beberapa orang pasti punya barang berharga,seperti perhiasan, mobil, motor, surat-surat penting, surat tanah, ijazah dll  amankan dahulu ke ketempat yang aman


3. Evakuasi keluarga ketempat yang lebih tinggi
Jangan anggep remeh air yang hanya setinggi lutut, bisa jadi 10 menit lagi air akan setinggi pundak anda, segera evakuasi keluarga ketempat yang lebih tinggi.


4. Ikut mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum
Tempat pengungsian dan dapur umum adalah kebutuhan yang paling utama karena sebagai tempat tinggal  kita sementara nantinya




5. Terlibat dalam pendistribusian bantuan
Jika ingin keluarga dan orang-orang disekitar anda bisa makan, ikutlah terlibat dalam distribusi makanan.


6. Manfaatkan fasilitas kesehatan dari Posko Kesehatan
Banjir juga membawa penyaki, jika di tempat pengungsian anda ada posko kesehatan, manfaatkan untuk cek kesehatan anda, paling tidak minta vitamin untuk daya tahan tubuh kita.



7. Menggunakan air bersih dengan efisien
Air bersih seperti barang mahal, untuk itu gunakan air bersih seperlunya saja.


0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive