Selasa, 16 Juli 2013

Tips Sehat Puasa

Posted by Kayla Regina Putri 09.00, under , | No comments

Hari ke-7, seminggu sudah kita jalani ibadah puasa, di sekeliling Ekarockcity masih saja ada mengeluh, badan lemas,males kerja, mengeluh gak kuat puasa, pengen batal puasa. Padahal bulan Ramadhan ini bulan penuh berkah, bukan hanya puasa saja, tetapi amal2 ibadah kita dibulan Ramadhan ini dilipatgandakan oleh Allah swt. Terkadang kita meremehkan hal2 yang kecil sehingga kita dalam berpuasa jadi gak kuat, lemas. Disini Ekarockcity ingin berbagi tips supaya tidak lemas dan tetap kuat berpuasa.


1. Mengakhirkan sahur dan menyegerakan untuk buka puasa

Rasulullah saw. bersabda: Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan. (Shahih Muslim No.1835)
Dari Sahal Ibnu Sa’ad ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (Muttafaq Alaihi)

Kalau Ekarockcity, biasanya kan adzan Subur jam 4:30,  bangun untuk mempersiapkan makan pada jam 3:00 dan kami makan sahur jam 4:00. Tetapi jika kita sudah berhenti makan dan minum sejak jam 3:00 dan baru berbuka lagi jam 18:00, berarti kita menahan lapar dan haus selama 15 jam, ini terlalu lama sehingga bisa membuat tubuh anda jadi lemah. Dan yang pasti begitu adzan dikumandangkan segerakan untuk berbuka, jangan ditunda2.

2. Makan kurma dan madu 

Tips kedua ini, coba makan 3 butir kurma dan 2 sendok makan madu setelah makan sahur. Begitu pula ketika berbuka puasa. Minum juga air secukupnya (minimal 3 gelas) agar anda tidak dehidrasi. Kurma dan Madu kandungan kalorinya cukup tinggi dan bisa memberi anda energi yang cukup untuk beraktifitas. Selain itu makanan 4 sehat dan 5 sempurna seperti buah-buahan juga jangan dilupakan:

“Kemudian makanlah dari tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu ke luar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” [An Nahl:69]

3. Tetap Berolahraga

Tips ketiga ini, tetaplah berolahraga meski intensitasnya agak dikurangi, seperti jalan kaki atau lari pagi setelah shalat subuh, maximal 15 menit keliling kompleklah, atau muterin jalan raya. Meski berkeringat, lelah, dan haus, setelah mandi pagi atau mandi sore insya Allah badan anda segar kembali, untuk menjaga kondisi badan kita juga selama puasa.

4. Rajin shalat Tarawih 

Tips keempat ini, rajin ke masjid untuk shalat tarawih karena selain sunnah Nabi, juga memberi ketenangan hati dan juga kesehatan.
Allah ‘Azza wajalla mewajibkan puasa Ramadhan dan aku mensunahkan shalat malam harinya. Barangsiapa berpuasa dan shalat malam dengan mengharap pahala (keridhoan) Allah, maka dia keluar dari dosanya seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya. (HR. Ahmad)

5. Minum obat atau suplemen

Tips kelima ini, bulan Juli ini masih sering hujan, Ekarocity saja hampir tiap pulang/berangkat kerja kehujanan. Untuk itu setelah sahur jangan lupa minum suplemen untuk menjaga kondisi tubuh atau minum obat maag buat yang punya penyakit maag ketika perut kosong.

6. Minum air putih yang banyak

Untuk tips keenam ini Ekarockcity suka diejek, kok harus minum air putih yang banyak? emangnya mo sahur atau mau ngajak kembung. Memang tidak salah, tetapi jangan salah selama berpuasa tubuh kita mengeluarkan keringat tentunya sehingga untuk menjaga tidak dehidrasi maka sahurnya harus minum air putih yang banyak, minimal 3 gelas menjelang detik2 mau imsyak.

Terakhir jangan lupa berdoa kepada Allah agar senantiasa diberi nikmat iman, sehat, kekuatan, serta kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Sebab pada akhirnya Allah lah yang membuat kita jadi sehat dan kuat.
Mungkin ini saja tips dari Ekarockcity, semoga puasa kita di bulan Ramadhan ini tetap kuat sampai akhir nanti Lebaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive