Jumat, 11 Januari 2013

Apa itu RSBI ?

Posted by ekayulianta 17.17, under | No comments

RSBI sering muncul di pemberitaan media televisi,sebagian ada yang bertanya-tanya apa itu RSBI, apa itu nama Rumah Sakit tapi kok ngomonginnya tentang pendidikan sekolah. Ekarockcity coba kasih sedikit artikel RSBI itu apa?

Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional atau disingkat RSBI, adalah suatu program pendidikan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 pasal 50 ayat 3, yang menyatakan bahwa Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional.






Jadi pada dasarnya, RSBI adalah sekolah nasional yang menyelenggarakan pendidikan berdasar SNP dan mutu internasional sekaligus. Kualitas bertaraf nasional diukur dengan SNP dan kualitas bertaraf internasional diukur dengan kriteria-kriteria internasional yang dikaji secara seksama melalui persandingan SNP dengan standar/kriteria Mutu internasional, pertukaran informasi, studi banding dsbnya. Jadi kualitas internasional merupakan kelebihan dari kualitas nasional (SNP), baik berupa penguatan, Pendalaman, pengayaan, perluasan maupun penambahan terhadap SNP.

Semenjak ada kasus pembubaran RSBI , sekolah RSBI di Jakarta yang sudah menghapus label "RSBI" pada papan nama sekolahnya, di antaranya SDN 11 dan SMAN 78.

MK berpendapat sekolah bertaraf internasional menimbulkan dualisme pendidikan, kemahalan biaya menimbulkan adanya diskriminasi pendidikan, pembedaan antara RSBI/SBI dengan non RSBI/SBI menimbulkan adanya kastanisasi pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive